nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Selayang Pandang Tentang Filologi


Selayang Pandang Tentang Filologi



Filologi. Secara etimologi, filologi berasal dari bahasa Yunani philologia, terbentuk dari gabungan kata philos yang berarti ‘teman’ dan logos yang berarti ‘ilmu’, ‘pembicaraan’. Dalam bahasa Yunani philologia berarti ‘senang berbicara’, kemudian berkembang menjadi ‘senang belajar’, ‘senang kepada ilmu’, ‘senang kepada tulisan’, dan akhirnya ‘senang kepada tulisan yang bernilai tinggi’, seperti senang karya sastra (Baried, 1994:2), senang kebudayaan. 











Objek filologi adalah naskah atau teks dari masa lalu. Naskah dan teks sebagai objek kajian filologi, sebab kembali kepada arti ilmu ini adalah ‘senang kebudayaan’. Sedangkan tujuan filologi di antaranya adalah memahami sejauh mungkin kebudayaan suatu bangsa melalui hasil sastranya dan memahami makna dan fungsi teks itu bagi masyarakat. Dalam teks masa lalu itu tersimpan dasar pemikiran masyarakat pada masa lalu. Kebudayaan masa lalu itu tentu bermanfaat pula bagi masa kini.


Baca Juga

Related Posts

0 comment

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin